Indihome 10Mbps, Internetnya Cepat Sekali ?

Haloo teman teman pertama posting di blog worpress saya akan membahas artikel indihome, karena apa ? artikel ini sangat populer di blog saya satunya dan ini adalah blog kedua saya. Kurang lebih artikelnya isinya sama saja lah ya, tetapi saya akan tulis ulang di blog ini agar tidak di anggap duplikat oleh google.

Dahulu pada tahun 2016 awal saya masih mahasiswa baru yang kuliah pada waktu itu kami teman-teman satu kos ingin memasang internet unlimited agar menghemat uang saku, waktu itu masih rajin-rajinnya menghemat dengan cara masak-masak sendiri kalau sekarang yang sudah ga zaman dan sudah tidak melakukan lagi masak masak.

Pemasangan ini tidak langsung pasang begitu saja, kami masih harus mensurvei dulu mana saja internet provider yang terbaik, lagipula saat itu kami masih belum begitu mengenal dimana kami harus bertanya tentang pemasangan wifi ini, saya sempat tertarik dengan beberapa provider internet seperti biznet, myRepublic, dan FirstMedia, tetapi setelah cek ricek lagi ternyata waktu itu 3 provider tersebut belum tersedia di lokasi kami.

Nah indihome lah yang tiba-tiba datang menghampiri disaat lagi galau-galaunya milih provider internet, dengan menebar-nebarkan sales promotionnya di depan kampus saya, dan teman saya mendapatkan satu brosurnya. Saat pulang teman saya tersebut mengusulkan untuk memasang indihome, nah ya udah saya iyakan saja karena memang dia yang menjadi pelopor pemasangan internet tersebut.

Setelah itu saya tidak tahu menahu urusan bagaimana teman-teman saya mengurus pemasangan internet ini,, tiba tiba datang aja teknisinya. Pertama-tama teknisi akan mengecek tiang listrik yang ada sambungan internetnya, lalu di salurkan deh ke kos kami. waktu pengerjaannya sekitar kurang lebih 3 jam, biaya pemasangan ini gratis 100%, tetapi karena teman saya baik banget maka dia memberikan uang jajan kepada kedua teknisi karena sudah bersusah payag untuk memasang kabel dan modem internetnya.

Setelah teknisi pulang saya dalam hati merasa sangat bahagia karena anak desa yang dulu akses internetnya lelet + tidak unlimited sekarang sudah mendapatkan internet yang cepat + unlimited, pada saat awal-awal saya terus memuaskan gairah saya salah satu caranya dengan mengecek kecepatan internet dengan speedtest dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Hasil SpeedTest 2016

Pada waktu itu saya menganggap ini sudah cepat karena selama saya tau internet sampai saat itu jarang sekali kecepatan internetnya melampau 10Mbps karena dulu jaringannya masih 3G, paling cepat sekitar 5Mbps saja, kalau sekarang sih karena sudah jaringan 4G 20Mbps kayanya ga mustahil lagi di wilayah desa saya. Walupun begitu perlu di ingat indihome ternyata punya batasan kouta, tapi tetap unlimited kok, berikut ini tabel batasan koutanya.

FUP indihome

Selama tahun 2016 saya masih tidak ada keluhan yang berarti, internet kadang-kadang lelet sendiri masih saya anggap wajar, salah satu trik ntuk menangani internet indihome lelet saya akan merestart modemnya, Kenapa di restart ? karena jika direstart kita akan mendapatkan Ip address baru yang lebih fresh dan semoga internetnya juga fresh, walaupun saya juga kurang tau apakah ini hanya sugesti saja.

Tahun 2017

Nah pada tahun 2017 ini terjadi yang namanya krisis moneter, ini terjadi karena 2 teman saya yang menjadi pelopor adanya internet di kos kami memutuskan pindah kos, dan kami harus membayar sekitar 100ribu perorang perbulan untuk memebayar internet indihome ini, sebenarnya sih tidak masalah untuk saya dan teman-teman, tetapi pada masa-masa liburan semester yang berlangsung selama 2 bulan teman saya mulai keberatan karena harus tetap membayar uang internet sebesar 200ribu tanpa memakainya selama 2 bulan, jadi kami memutuskan internet indihome untuk selamanya.

Wifi kabelnya masih

Setelah selesai liburan kami pun mulai menyesali tindakan pemutusan internet itu, Kenapa ? karena paket internet ternyata masih mahal dan masih tidak unlimited, ditambah lagi efek kecanduan nonton youtube menjadi bikin cepat habis kouta, Nah setelah beberapa minggu berjalan tanpa indihome, kami memutuskan harus memasang indihome lagi.

Pada pemasangan yang kedua ini awlnya teman saya yang mengurusnya ke kantor telkom, tetapi karena tidak kunjung ditanggapi oleh teknis yang memasangnya, saya akhirnya turun tangan dengan cara saya, yaitu memanfaat internet google untuk mendapatkan sales indihome. Dengan cara ini ternyata lebih cepat datang setelah 3 hari menunggu teknisi sudah datang, dan akhirnya mulai memasang internetnya lagi.

Proses pemasangannya cukup cepat karena kabel indihome yang dulu masih terpasang dengan rapi di tempatnya, lagi-lagi teman saya sangat baik kepada teknisi indihome dengan memberikan minuman mizone sebagai rasa terima kasih. Tenyata untuk tagihan indihome kali ini lebih murah dari indihome yang dulu karena kali ini hanya internet saja tanpa useetv, untuk tagihan per anak kos adalah sekitar 45ribu dan total tagihannya adalah 45ribu x 6 = 270ribu.

Tahun 2018

Tidak terasa setahun berlalu munculah masalah lagi dimana modem yang selalu menjandi perantara saya untuk mengakses internet tidak lagi bekerja dengan baik, ditandai dengan tidak bisa koneknya semua perangkat saya ke WiFi, ternyata setelah diselidiki terdapat kejanggalan pada sinyalnya yang terlalu lemah.

Sudah saya buktikan jika dekat dengan modemnya WiFi dan internetnya lancar, tetapi jika sudah menjauh maka WiFi putus otomatis internetnya juga putus, saya sudah berusaha merestart modem tetapi masih tidak bisa juga, dan akhirnya saya pun menyerah.

Saya simpulkan bahwa ini adalah karena kerusakan modemnya, untuk menangani hal ini sepertinya harus menghubungi indihome langsung, Dulu pernah juga kejadian modem susah konek, tetapi dengan mereset/merestartnya saja seharusnya modemnya sudah normal, tetapi pada kasus ini masih tidak normal.

Saya menghubungi indihome melalui twitter karena leih murah tidak buang-buang pulsa dan history percakapan chat bisa tersimpan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, saya awali dengan menjelaskan kronologinya terlebih dahulu.

Pada awalnya tanggapan costumer servicenya menyarankan agar restart modem, tapi karena saya sudah lakukan ya saya protes “tetap tidak bisa”, setelah itu costumer service akan meniklanjuti masalah ini lagi jadi saya harus menunggu, sambil menunggu saya coba komplain tiap hari di pesan twitternya. Barulah setelah 4 hari menunggu akhirnya ada kejelasan, teknis whatsapp saya, setelah saya beri tahu lokasi tempatnya akhirnya kurang dari satu jam teknisi tersebut datang.

Saya lalu menjelaskan permasalahan yang terjadi,kepada teknisi pun menyimpulkan bahwa modem memang rusak dan tidak bisa digunakan lagi, digantilah modem baru yang lebih fresh, Modem baru ini gratis loh, jadi tidak ada biaya tambahan di tagihan bulan depan. Selain dapat modem baru saya juga mendapat beberapa fitur baru dari modem tersebut walaupun tidak dipakai juga sih.

Nah itulah peristiwa terakhir sekarang saya mulai fokus skripsi dulu dan mudah-mudahan beberapa bulan kedepan sudah mendapatkan gelar sarjana yang di impikan, setelah itulah mudah-mudahan dapat kerja atau sekalian deh dapat jodoh juga hehehe. Sampai jumpa di artikel lainnya.