Download File Kamu Lelet Banget, Coba Cara Ini !?

Pernahkah teman-teman mendownload file di internet ? Pasti pernah karena jika teman-teman mengunjungi blog ini pasti sudah melakukan download pada halaman ini, pasti pernah menemukan file yang downloadnya lamaa banget kan ya, padahal koneksi internet saat nonton youtube tanpa buffering. Ternyata hal tersebut bukan salah handphone kamu melainkan kesalahan pada provider atau server dimana file yang di download berada, bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Download Lambat
Di artikel kali ini saya akan berbagi tips bagaimana membuat file menjadi lebih cepat di download, sebelum itu apa sih penyebab download menjadi lambat. Kita mulai dari yang pertama, pernahkah teman-teman mendownload di penyimpanan milik google yaitu Google Drive pasti pernah kan, mayoritas file yang di download disana sesuai pengalaman saya selalu cepat, dan selalu mengambil semua bandwidth internet yang saya miliki misal sekarang saya memiliki bandwidth internet indihome 10Mbps maka jika mendownload di google drive kecepatan download file saya berkisar antara 1MB/s sampai 1.2MB/s, kok tidak 10Mbps untuk mencegah teman-teman protes lebih lanjut silahkan cari di google dulu ya tentang perbedaan MB dan Mb.

Beda jika kita mendownload file di tempat penyimpanan lain selain google drive kita sebut saja situs A, saya pernah hanya mendapatkan kecepatan 150KB/s dari 10Mbps tadi, tentu saya rugi waktu menunggu downloadtan tersebut. Jika di pikir pikir dengan logika maka google adalah penguasanya internet maka tentu saja servernya sudah ribuan bahkan jutaan jadi untuk memproses permintaan download tidak akan kewalahan, beda halnya dengan penyimpanan online lain yang servernya mungkin tidak sebesar google jadi saat permintaan download banyak maka proses download juga akan melambat.

Bukti dari teori saya diatas mendekati benar adalah kadang-kadang download di situs A tersebut bisa cepat juga sampai 600KB/s, walau masih kurang cepat sih dari pada google drive. Mungkin situs A membatasi bandwidth downloadnya agar sumber daya server dapat terjaga kualitasnya di semua pengguna.

Selanjutnya adalah penyebab download lambat kedua yaitu provider internet kita seperti Telkomsel, Indosat, XL, Indihome dan lainnya, biasanya ada situs yang dibatasi aksesnya bahkan di blokir, termasuk juga soal kecepatan download filekita mungkin saja di batasi oleh providernya. Pengalaman saya baru-baru ini adalah gagalnya saya mengakses server saya sendiri menggunakan telkomsel padahal saat menggunakan Indihome tidak ada masalah sama sekali, ini sih termasuk aneh bapak perusahaannya sama (Telkom) tapi anaknya (Telkomsel dan Indihome) berbeda kebijakan.

Mengatasi Download Lambat
Selanjutnya dari pada kita muter-muter membahas penyebab download file lelet, maka sekarang bagaimana sih cara mengatasinya, pertama teman-teman harus tanya dulu ke orang sekitar apakah ada file yang kita ingin download di komputernya jika ada minta saja (langsung salin) ke flashdisk ngapain buang-buang kouta buat download.

Yang kedua adalah mengalihkan file download ke server lain, baik itu server kita ataupun server milik orang lain, cara mengalihkannya adalah dengan mendownload file tersebut dengan menggunakan server, pertanyaannya bukankah downloadnya lambat kok masih di download lagi oleh server ? jawabanya seperti yang dijelaskan di sebelumnya mungkin provider kita lagi membatasi kecepatannya jadi tidak berjalan maksimal.

Hal tersebut akan berbeda jika kita menggunakan server lain karena mungkin saja tidak ada batasan seperti yang ada di provider, lalu jika beruntung server pihak ketiga ini jaraknya berdekatan dengan server yang menyediakan file (misal letaknya di satu negara) maka kecepatan download antar server pun akan semakin cepat.

Sudah selesai penjelasannya dan semoga cukup jelas selanjutnya kita akan berlanjut bagaimana cara mengalihkan file download ke server yang lain, disini saya mengambil contoh penyedia hosting file gratis yaitu di uptobox, teman-teman bisa menggunakan penyedia hosting file lain dengan fitur serupa biasanya tulisan fiturnya dalam bahasa inggris adalah “Remote URL Upload”.

Pertama-tama teman-teman sebaiknya mendaftar dulu di penyedia hosting filenya karena seringkali kalau tidak mendaftar fitur Pengunggahan file jarak jauh (Remote URL Upload) tidak bisa digunakan, setelah mendaftar teman-teman tentukan dulu url downloadnya biasanya bisa di lihat saat mendownload suatu file, jika di browser google chrome bisa di lihat di menu download.

Dapatkan link yang akan di download disini

Setelah mendapatkan url teman-teman tinggal tempel saja urlnya pada bagian menu pengunggahan file jarak jauh (Remote URL Upload) seperti gambar dibawah ini

Download File Kamu Lelet Banget, Coba Cara Ini !?
Menaruh link yang akan di download

Selanjutnya klik start upload maka proses pengalihan/download ke server yang baru akan berjalan.

Download File Kamu Lelet Banget, Coba Cara Ini !?
Sedang mengupload file

Bisa teman-teman lihat pada gambar diatas bahwa download file sebesar 1.7GB dilakukan dengan sangat cepat jadi tidak seperti download ke komputer kita kan.

Download File Kamu Lelet Banget, Coba Cara Ini !?
Upload file sudah selesai

Setelah selesai maka tampilannya akan seperti gambar diatas, silahkan salin saja url downloadnya, setelah di salin dan dibuka di tab baru maka tampilannya seperti gambar dibawah ini.

Download File Kamu Lelet Banget, Coba Cara Ini !?
Halaman download

Sudah selesai pengalihannya maka sekarang tinggal didownload saja, saya tidak akan mencoba dan mengetes kecepatannya karena pasti tidak akan relevan pada semua situasi (banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan internet), jadi teman-teman berdoa saja semoga dengan pengalihan file download kecepatan download ke komputer akan semakin cepat.

Selain pengalihan diatas ada cara lain dan ini bisanya paling gampang dan paling efektif yaitu dengan menggunakan aplikasi download pihak ketiga yang sudah mendukung download multi koneksi, multi koneksi ini bekerja dengan mendownload bagian-bagian file secara bersamaan saatu sudah 100% maka bagian-bagian file tersebut digabungkan sehingga menjadi 1 file utuh.

Logo XDM

Salah satu aplikasi yang gratis dan cukup cepat menurut saya adalah XDM mirip-mirip dengan idm tetapi ini adalah aplikasi yang 100% gratis tidak perlu pakai crack untuk menggunakannya, saya menggunakan XDM kecepatnnya bisamenguras semua bandwidth internet yang saya miliki yaitu 1.2MB/s atau 10Mbps.

Download File Kamu Lelet Banget, Coba Cara Ini !?
Saat mendownload dengan XDM

Akhirnya berakhir juga tips dan trik kali ini, kita sudah membahas berbagai faktor penyebab download lambat dan bagaimana cara mengatasinya dengan mudah, terima kasih sudah membaca sampai akhir artikel ini jika ada kekurangan di artikel ini saya mohon maaf sampai jumpa.